Kenapa Malam Satu Suro Dilarang Keluar Rumah?

Kenapa Malam Satu Suro Dilarang Keluar Rumah
Kenapa Malam Satu Suro Dilarang Keluar Rumah

Malam satu suro adalah malam yang sangat penting bagi masyarakat Jawa. Pada malam ini, masyarakat Jawa biasanya melakukan berbagai ritual untuk memohon keselamatan dan keberkahan di tahun yang baru. Namun, ada satu hal yang tidak boleh dilakukan pada malam satu suro, yaitu keluar rumah.

Ada beberapa alasan mengapa masyarakat Jawa dilarang keluar rumah pada malam satu suro. Salah satu alasannya adalah karena mereka percaya bahwa pada malam ini, pintu gerbang alam gaib terbuka. Hal ini membuat mereka takut untuk keluar rumah karena takut bertemu dengan makhluk-makhluk gaib yang tidak kasat mata.

Alasan lain mengapa masyarakat Jawa dilarang keluar rumah pada malam satu suro adalah karena mereka percaya bahwa malam ini adalah malam yang sangat penting. Pada malam ini, mereka biasanya melakukan berbagai ritual untuk memohon keselamatan dan keberkahan di tahun yang baru. Ritual-ritual ini biasanya dilakukan di rumah, sehingga mereka tidak perlu keluar rumah.

Selain itu, masyarakat Jawa juga percaya bahwa keluar rumah pada malam satu suro dapat membawa kesialan. Hal ini karena pada malam ini, mereka percaya bahwa banyak makhluk-makhluk gaib yang berkeliaran di dunia manusia. Makhluk-makhluk ini bisa saja membawa penyakit atau bahkan kematian bagi manusia yang keluar rumah.

Meskipun ada banyak larangan untuk keluar rumah pada malam satu suro, namun ada juga beberapa orang yang tetap keluar rumah. Orang-orang ini biasanya adalah orang-orang yang tidak percaya dengan mitos-mitos yang ada. Mereka percaya bahwa keluar rumah pada malam satu suro tidak akan membawa kesialan bagi mereka.

Namun, ada baiknya untuk tetap berhati-hati jika Anda ingin keluar rumah pada malam satu suro. Anda sebaiknya tidak pergi sendirian dan sebaiknya tidak pergi ke tempat-tempat yang sepi. Anda juga sebaiknya tidak berbicara atau melakukan hal-hal yang bisa mengundang makhluk-makhluk gaib.
Lebih baru Lebih lama