Harga XRP Naik 67% - Ripple Dikabarkan Menang Lawan SEC

Harga XRP Naik 67% - Ripple Dikabarkan Menang Lawan SEC
Harga XRP Naik 67% - Ripple Dikabarkan Menang Lawan SEC

Harga XRP tetap naik di zona hijau sampai sore ini, bro, tanggal 14 Juli 2023. Bahkan harganya melonjak lebih dari 60 persen, mantap kan!

Data dari Coinmarketcap menunjukkan bahwa harga XRP naik sebesar 67,47 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam seminggu terakhir, harganya bahkan melambung sebesar 69,10 persen. Saat ini, harganya berada di sekitar USD 0,7887 dengan kapitalisasi pasar sekitar USD 41,4 miliar.

Nih, ada berita dari CNBC, harganya naik gila-gilaan setelah hakim di distrik selatan New York memutuskan bahwa XRP bukan sekuritas. Berita ini memberi harapan besar buat para investor kripto dan menghilangkan beban pikiran bahwa altcoin lainnya mungkin dianggap sebagai sekuritas juga.

Gara-gara kabar itu, harga polygon matic naik 17,82 persen, Litecoin dan Solana melonjak 18,35 persen, sementara Cardano juga terbang tinggi naik 20,31 persen. Harga bitcoin dan ether juga ikut terdongkrak, dengan masing-masing naik lebih dari 4 persen dan 6 persen.

"Keputusan hakim ini adalah langkah maju yang luar biasa buat industri ini, bro. Dengan mengatakan bahwa XRP bukan sekuritas, kita mulai dapat memahami apa yang dimaksud dengan sekuritas dan komoditas," kata Head of Research Amberdata, Chris Martin, dalam wawancara dengan CNBC.

Dia menambahkan bahwa SEC harus merevisi taktik mereka dalam beberapa kasus yang sedang berlangsung. "Aku berharap keputusan ini juga akan mempengaruhi token-token lain yang tidak dianggap sebagai sekuritas," tambahnya.

Nah, kabarnya Coinbase yang tadinya menghapus XRP dari platform perdagangannya, sekarang mengumumkan bahwa mereka akan mengizinkan aset tersebut untuk diperdagangkan lagi. Sedangkan Gemini sedang mengkaji kemungkinan mendaftarkan XRP untuk perdagangan spot dan derivatif.

“Keputusan Ripple dalam menjual XRP kepada institusi juga berdampak besar buat industri ini, bro. Beberapa ICO sekarang mungkin akan menjadi perhatian," tambah Martin.

"Tapi bagi bursa yang terjebak dalam kasus SEC yang sedang berlangsung, belum jelas bagaimana keputusan ini akan berpengaruh pada mereka. Sebagian besar dari mereka hanya terlibat dalam penjualan sekunder. Tapi seperti yang kita lihat dari kenaikan harga hari ini, pasar sangat bullish dengan keputusan ini," lanjutnya.

Para investor optimis dengan keputusan hakim yang keluar hari Kamis kemarin. Tapi, sejujurnya, keputusan itu masih rumit dan belum bisa disebut sebagai kemenangan yang pasti, menurut Stephen Palley, Partner di Brown Rudnick.

"Tapi tetap aja, kalau aku punya XRP, aku bakal seneng banget sekarang," tambahnya.

Keputusan ini sendiri dibagi menjadi tiga situasi berbeda seputar penjualan XRP, seperti penjualan institusional, penjualan terprogram, dan distribusi lainnya seperti kompensasi karyawan. Pengadilan mendukung SEC ketika bicara tentang penjualan institusional Ripple dari XRP kepada individu dan entitas canggih, dan menyatakan bahwa itu adalah transaksi sekuritas dan investasi uang.

"Tapi, Ripple menang dalam hal penjualan terprogram, atau penjualan yang dilakukan melalui algoritme perdagangan serta distribusi lainnya," jelasnya.

Palley juga menyoroti masalah penting lainnya, yaitu apakah bursa kripto seperti Coinbase perlu mendaftar sebagai bursa sekuritas atau enggak. SEC udah menjelaskan bahwa sebagian besar kripto yang diperdagangkan harus dianggap sebagai sekuritas. "Tapi, pengadilan belum membuat keputusan terkait masalah itu, jadi itu juga merupakan kemenangan bagi Ripple," tukas Palley.

Lebih baru Lebih lama