Threads capai 100 Juta Pengguna Hanya dalam 5 Hari

Threads capai 100 Juta Pengguna Hanya dalam 5 Hari
Threads capai 100 Juta Pengguna Hanya dalam 5 Hari


 Aplikasi baru Instagram, Threads, telah melampaui 100 juta pengguna, artinya mencapai tonggak sejarah tersebut dengan sangat cepat bahkan lebih cepat dari ChatGPT. Chatbot OpenAI mencapai tonggak tersebut setelah dua bulan, tetapi Threads, yang diluncurkan hanya pada hari Rabu, mencapainya dalam hitungan hari. Jumlah pengguna dapat ditemukan di aplikasi Instagram, yang melacak ukuran basis pengguna Threads.

Threads terbukti menjadi hit awal hampir seketika. Dalam dua jam pertama, mencapai 2 juta pengguna dan terus naik menjadi 5 juta, 10 juta, 30 juta, dan kemudian 70 juta. Peluncurannya "jauh melampaui harapan kami," kata CEO Mark Zuckerberg pada hari Jumat.

Pada hari Senin, Zuckerberg mengatakan dalam sebuah posting di Threads yang mengkonfirmasi tonggak tersebut bahwa pertumbuhan tersebut "sebagian besar organik":

Post by @zuck
View on Threads

"Threads mencapai 100 juta pendaftaran pengguna selama akhir pekan. Pendaftaran itu sebagian besar permintaan organik dan kami bahkan belum mengaktifkan banyak promosi. Masih tidak percaya ini baru 5 hari!", tulis Mark Zukerberg di postingan Threads-nya.

Kepala Instagram, Adam Mosseri, juga memposting tentang hal itu, mencatat bahwa hanya butuh lima hari untuk mencapai jumlah tersebut:

Post by @mosseri
View on Threads

"100 juta orang mendaftar ke Threads dalam lima hari. Saya tidak yakin saya bisa membungkus pikiran saya dengan fakta itu. Ini gila; Saya tidak bisa memahaminya.

Tim telah berusaha keras, tetapi kami tahu ini adalah perlombaan menuju garis start. Mereka mengatakan "buat berhasil, buat hebat, buat tumbuh". Ya, kami memang melakukan hal-hal yang tidak sesuai rencana, tetapi saya berjanji kami akan membuat hal ini menjadi hebat.", tulis Adam Mosseri.

Pengguna tidak hanya mendaftar: mereka juga memposting. Pada hari Kamis, rekan saya Alex Heath melaporkan bahwa telah ada lebih dari 95 juta kiriman dan 190 juta suka yang dibagikan di aplikasi tersebut.

Namun demikian, Threads masih dalam tahap awal, dan kita harus menunggu dan melihat apakah ia akan mencapai daya tarik budaya yang sama seperti yang pernah dimiliki Twitter. Meta tidak secara khusus berusaha menggantikan Twitter, menurut Kepala Instagram Adam Mosseri, dan perusahaan tidak akan mendorong secara aktif politik dan berita keras di platform tersebut, tetapi akhirnya bisa menjadi tempat orang pergi untuk platform media sosial berbasis percakapan. Dan meskipun Meta "sangat antusias" dengan bagaimana minggu peluncuran berjalan, "kita bahkan tidak tahu apakah ini akan menahan pengguna," kata Mosseri.

Meskipun angka-angka tersebut tidak dapat langsung dibandingkan, pada November tahun lalu, Twitter memiliki sekitar 260 juta pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi, seperti yang ditulis oleh pemiliknya, Elon Musk, saat itu. Lebih baru, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Twitter memberi tahu pengiklan bahwa mereka memiliki sekitar 535 juta pengguna aktif bulanan yang dapat dimonetisasi. Namun, data eksternal menunjukkan bahwa lalu lintas Twitter mengalami tren penurunan dalam beberapa bulan terakhir, dengan CEO CloudFlare, Matthew Prince, mengatakan bahwa lalu lintas "menurun."

Lebih baru Lebih lama